Kisah-kisah Menepati Janji atau Cerita Pendek Tentang Menepati Janji

Posted by tabah on


Yang pertama, “Aku berjual beli dengan nabi Saw sebelum bitsah, aku menyisakan kembalian pada beliau. Lalu aku berjanji akan membawanya disuatu tempat, tapi aku lupa. Aku ingat setelah tiga hari kemudian. Lalu aku mendatangu tempat itu dan aku dapati beliau ada ditempat itu. Beliau berkata, “Sungguh engkau telah menyusahkanku. Aku disini sejak tiga hari menunggumu.” (THR. Abu Dawud).
Yang kedua, Jabir bin Abdillah berkata, “Ketika wafatnya Rasulullah Saw dan datang kepada Abu Bakar harta benda dari Hardhrami, maka berkata Abu Bakar, “Siapa yang memiliki piutang kepada nabi Saw atau pernah dijanjikan sesuatu oleh beliau, datanglah kepada kami.” Maka Jabir berkata, “Aku pernah dijanjikan nabi akan diberi ini,ini,ini.” Sambil membentangkan tangannya tiga kali. Jabir berkata, “maka Abu Bakar memberikan 500.” Abu bakar berkata, “ambil lagi yang sebanyak itu! .” (THR Bukhari-Muslim).
Yang terkhir, Abi Juhaifah pernah dijanjikan oleh Rasulullah Saw akan diberi 13 qulush(unta betina muda), “lalu aku mendatanginya, tapi beliau wafat hingga aku tidak diberi apapun. Ketika Abu Bakar menjadi Khalifah, beliau berkata, “Siapa yang memiliki janji dengan Rasulullah Saw, datanglah kepadaku.” Maka aku berdiri dan memberitahukannya lalu beliau memerintahkan untuk memberi kepada kami.” (THR. Tirmidzi ).
Berjanjilah yang benar lalu penuhilah. Jangan pertaruhkan masa depanmu di Hari Akhir oleh kelalaian lidah dan lisanmu! Semoga Allah memudahkan usaha kita. Amin , wallahu a’lamu bish shawab. (edited by haryadhi)  

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment