Dilema Seorang Manajer

Posted by tabah on




         “Jagalah diri anda sendiri dan perlakan orang lain dengan adil”
Hal ini membuat orang menjadi lebih baik ketika melakukan sesuatu yang baik. Orang yang lebih baik ini ditafsirkan sebagai bisnis yang lebih baik. Itu adalah falsafah manajemen sederhana dari Tom Gegax , pendiri dan CEO di Tires Plus, sebuah perusahaan pengecer ban dengan lebih dari 150 toko yang terbesar di 12 negara bagian dimana pendapatannya mendekati $200 juta. Dalam suatu industri dengan pesaing yang sangat agresif, termasuk raksasa pengecer Wal-Mart dan Goodyear, Tires Plus berharap untuk memperluas usahanya secara nasional dan melipatgandakannya dalam waktu lima tahun mendatang. Dan falsafah Tom yang sederhana ini tampaknya akan memainkan peranan penting tanpa melihat apakah sasaran itu tercapai atau tidak.
           Falsafah manajerial Tom muncul ketika ia harus menghadapi tiga masalah pribadinya yang penting (perceraian, kanker, defisit usaha jutaan dolar) dalam periode delapan bulan pertama. Ia berkat, “Selama hidup kita tampak baik-baik saja, kita tidak mempunyai jalan untuk pertumbuhan pribadi. Sering kali memerlukan percobaan.” Karena haus mengubah hidupnya untuk kehidupan pribadi dan agar bisnisnya bertahan, Tom menyadari bahwa ia harus menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaannya. Melakukan perubahan-perubahan itu tidaklah mudah, tapi ia sekarang ini yakin pada perusahaan yang dapat menyeimbangkan orang-orang menjadi lebih bahagia, sehat, dan lebih yakin, semua yang menguntungkan karyawanya.
           Untuk Tires Plus, falsafah baru ini menghasilkan beberapa perubahan termasuk sebuah kebugaran baru bagi karyawan di kantor pusat perusahaan di Minneapolis dan mengadopsi bahasa dan budaya berolahraga sebagai pola untuk struktur perusahaan. Sebagai contoh, manajer toko adalah pelatih, penjual dan mekanik adalah pemain, dan pedoman operasonal perusahaan adalah aturan mainnya. Terutama, Tom yakin bahwa perubahan-perubahan ini akan membantu para karyawanya untuk lebih perhatian pada diri mereka sendiri dan kemudian lebih perhatian terhadap konsumen. Karena layanan konsumen penting dalam industri ini, para karyawan harus memberi layanan konsumen yang istimewa jika perusahaan ingin mencapai sasarannya.
             Sekarang tempatkan diri Anda pada posisi Tom, keahlian manajer apakah yang harus ia dorong bagi pelatihnya untuk digunakan agar menjamin bahwa semua pemain melakukan apa yang perlu dilakukan untuk memuaskan konsumen dan membantu perusahaannya mancapai sasaran, yaitu melipat gandakan pendapatan dalam lima tahun?

Previous
« Prev Post

2 comments: