Fungsi-fungsi Manajemen

Posted by tabah on


Menurut pendekatan fungsi, para manajer aktivitas atau kewajiban yang jelas ketika mereka secara efisien dan efektif mengkoordinasikan pekerjaan orang lain. Apa aktivitas atau fungsinya? Diawal abad ke-20, seorang industriawan Prancis bernama Henry Fayol untuk pertama kalinya mengusulkan bahwa semua manajer melaksanakan lima fungsi: merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan. Pada pertengahan tahun 1950-an, untuk pertama kalinya sebuah buku ajar manajemen menggunakan fungsi2 merencanakan, mengorganisasi, menyusun staf, mengarahkan, dan mengendalikan sebagai kerangka kerja. Sekarang ini, hampir semua buku ajar manajemen masih terus disusun berdasarkan fungsi2 manajemen itu, walaupun fungsi2 tersebut telah diringkas menjadi empat fungsi dasar dan yang paling penting: merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan. Berikut adalah definisi apa yang dicakup oleh masing-masing fungsi manajemen itu.
Jika Anda tidak membayangkan tujuan tertentu, Anda bisa terbawa kemana-mana. Namun, jika Anda ingin mendatangi tempat tertentu, Anda tentunya telah merencanakan cara terbaik untuk sampai kesana. Karena organisasi ada untuk mencapai beberapa tujuan tertentu, seseorang harus merumuskan tujuan tersebut serta sarana-sarana untuk mencapainya. Manajemen adalah seseorang tersebut. Para manajer menunjukan fungsi perencanaan yang mencakup proses merumuskan sasaran, membangun strategi untuk mencapai sasaran tersebut, dan mengembangkan rencana guna memadukan dan mengkoordinasikan sejumlah aktivitas.

Para manajer bertanggung jawab pula merancang pekerjaan guna mencapai sasaran organisasi, fungsi itu kita sebut pengorganisasian. Ketika para manajer mengorganisasi, mereka menetukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokan, siapa melapor kepada siapa, dan pada tingkatan mana keputusan di ambil.

Setiap organisasi mencakup orang-orang, dan tugas manajemen adalah bekerja dengan da melalui orang lain guna  mencapai sasaran organisasi. Itu merupakan fungsi kepemimpinan. Ketika para manajer memotivasi para bawahannya, memengaruhi individu atau tim sewaktu mereka bekerja, memilih saluran komunikasi yang paling efektif, atau menyelesaikan masalah perilaku karyawan dengan cara apapun, mereka itu memimpin.

Fungsi manajemen yang terakhir adalah pengendalian. Setelah sasaran ditentukan, rencan dirumuskan, pengaturan strukturnya ditentukan, dan orang2 dipekerjakan, dilatih dan diberi motivasi, ada sejumlah evaluasi untuk mengetahui apakah segala sesuatunya berjalan sesuai rencana.


Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment