Menurut pendekatan fungsi, para manajer aktivitas
atau kewajiban yang jelas ketika mereka secara efisien dan efektif
mengkoordinasikan pekerjaan orang lain. Apa aktivitas atau fungsinya? Diawal abad
ke-20, seorang industriawan Prancis bernama Henry Fayol untuk pertama kalinya
mengusulkan bahwa semua manajer melaksanakan lima fungsi: merancang,
mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan. Pada pertengahan
tahun 1950-an, untuk pertama kalinya sebuah buku ajar manajemen menggunakan
fungsi2 merencanakan, mengorganisasi, menyusun staf, mengarahkan, dan
mengendalikan sebagai kerangka kerja. Sekarang ini, hampir semua buku ajar
manajemen masih terus disusun berdasarkan fungsi2 manajemen itu, walaupun
fungsi2 tersebut telah diringkas menjadi empat fungsi dasar dan yang paling
penting: merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan. Berikut adalah definisi apa yang dicakup oleh masing-masing fungsi manajemen
itu.
Jika Anda tidak membayangkan tujuan tertentu, Anda
bisa terbawa kemana-mana. Namun, jika Anda ingin mendatangi tempat tertentu,
Anda tentunya telah merencanakan cara terbaik untuk sampai kesana. Karena organisasi
ada untuk mencapai beberapa tujuan tertentu, seseorang harus merumuskan tujuan
tersebut serta sarana-sarana untuk mencapainya. Manajemen adalah seseorang
tersebut. Para manajer menunjukan fungsi perencanaan yang mencakup proses
merumuskan sasaran, membangun strategi untuk mencapai sasaran tersebut, dan
mengembangkan rencana guna memadukan dan mengkoordinasikan sejumlah aktivitas.
Para manajer bertanggung jawab pula merancang pekerjaan guna mencapai sasaran organisasi, fungsi itu kita sebut pengorganisasian. Ketika para manajer mengorganisasi, mereka menetukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokan, siapa melapor kepada siapa, dan pada tingkatan mana keputusan di ambil.
Setiap organisasi mencakup orang-orang, dan tugas manajemen adalah bekerja dengan da melalui orang lain guna mencapai sasaran organisasi. Itu merupakan fungsi kepemimpinan. Ketika para manajer memotivasi para bawahannya, memengaruhi individu atau tim sewaktu mereka bekerja, memilih saluran komunikasi yang paling efektif, atau menyelesaikan masalah perilaku karyawan dengan cara apapun, mereka itu memimpin.
Fungsi manajemen yang terakhir adalah
pengendalian. Setelah sasaran ditentukan, rencan dirumuskan, pengaturan
strukturnya ditentukan, dan orang2 dipekerjakan, dilatih dan diberi motivasi,
ada sejumlah evaluasi untuk mengetahui apakah segala sesuatunya berjalan sesuai
rencana.
No comments:
Post a Comment