Tidak Usah Risau dengan Dunia

Posted by tabah on






Mungkin sebahagian besar kaum Muslimin dihinggapi perasaan gamang saat menjalankan ibadah Gamang, karena di satu sisi terdorong untuk bekerja lebih giat dan lebih all out untuk memenuhi kebutuhan. Nah, padahal bekerja lebih keras (dari biasanya) tentu menguras fitalitas fisik. Maka, camkan nasehat Rasulullah Saw berikut ini agar kita dapat bekerja dengan tenang, tidak tergesa-gesa dan tidak panik harus tenang.


Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa yang menjadikan akhirat sebagai tujuannya, maka Allah akan membuat baik semua urusannya, menjadikan kekayaannya ada dihatinya, dan dunia akan datang kepadanya dengan mudah. Barangsiapa yang menjadikan dunia sebagai tujuannya, maka Allah akan mencerai berai kan urusannya, menjadikan kefakiran ada didepan matanya, dan dunia tidak akan datang kepadanya, kecuali sebatas yang telah ditentukan.” Nah jelas bukann!! Tidak perlu risau kalau omset bisnis ini belum mencapai seperempatnya, tidak perlu resah jika bulan ini kita menunaikan kewajiban hutang2 kita waktu lalu sementara bekal kuliah lagi belum punya, misalnya. Tidak perlu cemas jika si Buyung terpaksa shalat dengan sobat sobatnya memakai sarung yang sambungannya mesti dijahit. Ya nggak perlu risaulah!!!! Yang penting bekerjalah sebagaimana biasa dengan semangat tinggi disertai keshabaran dan qana’ah. Aturlah energi agar ibadah tidak sekedar dilaksanakan, tetapi dijalani dengan fisik bugar dan penuh perhatian serta konsentrasi. Fisik yang terfosor all out akan menurunkan kualitas ibadah kita. Jadi, pandai-pandailah mengatur diri, tentu juga termasuk mengatur menu makanan agar sesuai dengan kebutuhan fisik kita yakni yang bergizi, sehat, dan cukup.

Jadi, masih khawatir dengan rizki Allah Swt? Beribadahlah dengan sebaik mungkin, jangan-jangan ini hari terakhir kita di dunia.
Semoga Allah memudahkan kita menjadi hambaNya yang taat dan pandai mengarungi kehidupan ini ....

Aminnn 

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment